Opini

Ramadan sebagai Bulan Transformasi (Bagian V)

Oleh: Shamsi Ali Al-Kajangi

Shamsi Ali — Satu Indonesia
30 Maret 2024 08:30
Ramadan sebagai Bulan Transformasi (Bagian V)
Imam/Direktur Jamaica Muslim Center New York Shamsi Al-Kajangi.

MANHATTAN, 30 Maret 2024 - Sering kali kita mengasosiasi keutamaan Ramadan dengan bulannya. Padahal semua rentang waktu itu, dari menit ke jam, jam ke hari, hari ke minggu dan bulan, semuanya sama di mata Allah. ”Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ada dua belas bulan. Empat bulan di antaranya adalah bulan-bulan Muharram (dilarang melakukan perang)”.

Keutamaan bulan Ramadan ada pada bagaimana respons dan perilaku (behaviors) kita padanya. Apakah direspons secara positif dan sepenuh hati. Atau, dibiarkan berlalu tanpa respons positif dan setengah hati pula. Setengah hati dalam menjalankan amalan-amalan ritual yang ada (puasa, qiyam, dll). Apalagi menjadikannya sebagai momen transformasi atau perubahan mendasar dalam kehidupan nyata.

Enam: Transformasi Sosial

Kita meyakini Islam bukan sekadar sebagai agama (religion). Islam bukan sekadar sebuah sistem yang penuh dengan amalan-amalan ritual pemuas batin semata. Tapi sebagai “diin” atau sistem dan petunjuk hidup yang sempurna dan menyeluruh. Islam hadir selain sebagai tuntunan hidup individual. Juga, sebagai tuntunan kehidupan sosial kolektif (jamaah).

Pada tataran ini kehidupan sosial yang kita maksud adalah kehidupan yang menyangkut acuan/aturan dalam menjalankan kehidupan pada aspek muamalat. Bahwa Islam itu selain hadir menuntun manusia di dalam rumah-rumah ibadah (masjid-masjid), di bulan Ramadan atau di bulan lainnya. Islam juga hadir untuk menuntun manusia untuk menjalani hidupnya di pasar, supermarket, hingga di parlemen dan Istana negara.

Sesungguhnya pada aspek muamalat inilah nilai “akhlak” (moral behaviors) menjadi sebuah keharusan. Kejujuran dan amanah dalam kehidupan sosial ini menjadi salah satu karakteristik orang-orang yang beriman (lihat S. Al-Mukminun ayat 8). Kejujuran dalam berbisnis menjadi jalan kebaikan dan kemuliaan dunia-akhirat (attaajiru as-shoduuq). Demikian seharusnya Islam menjadi tuntunan dalam menjalankan kehidupan muamalat kita.

Pada tataran inilah puasa Ramadan hadir sebagai momen penting untuk melakukan transformasi itu. Melakukan pembenahan kebiasaan dan perilaku muamalat ke arah yang lebih benar dan baik. Jika selama ini dalam berbisnis sering kali melakukan “ketidak jujuran” (penipuan) maka bulan Ramadan adalah masa untuk melakukan “self transformation” untuk menjadi pribadi dengan karakter kejujuran, termasuk dalam niaga dan bisnis.

Koneksi rasional antara puasa dan perubahan mendasar atau transformasi sosial ini ada pada esensi puasa: “menahan”. Orang berpuasa berjuang menahan diri dari makan, minum dan hal lain yang membatalkan puasa. Tapi esensinya menahan (imsak) di sini adalah menahan diri dari kecenderungan hawa nafsu yang sering kali tak terkendalikan. Nafsu yang tak terkendalikan inilah yang kemudian berakibat kepada ragam “transgresi” (thoughyaan) dalam kehidupan. Thughyaan ini pulalah yang membawa kepada ragam “kerusakan” (zhaharal fasaadu) dan “penderitaan (jahiim) dalam kehidupan.

Dengan puasa di bulan Ramadan seorang muslim melakukan kontemplasi/perenungan serta introspeksi (muhasabah) termasuk dalam perilaku sosialnya (social behaviors) yang dilakukan selama ini. Apakah itu sudah sesuai dengan ajaran Allah dan rasul-Nya dan bermanfaat bagi dirinya dan orang-orang di sekitarnya? Atau sebaliknya justru melenceng dari ajaran-Nya dan tuntunan rasul-Nya, bahkan membahayakan bagi dirinya dan lingkungannya.

Diakui atau tidak kita hidup dalam dunia yang penuh dengan “thughyaan” (transgresi). Dan semua itu disebabkan oleh kerakusan hawa nafsu yang tak terkontrol. Berbagai pelanggaran, baik pelanggaran hukum maupun etika (moral) diakibatkan oleh kerakusan itu.

Pada tataran nasional kita melihat kerakusan-kekuasaan itu misalnya terwujud dengan kecenderungan membangun dinasti melalui perilaku nepotis dan pelanggaran etika. Semua ini masuk dalam kategori pelanggaran muamalat (thughyaan) yang harus ditransformasi. Jika tidak maka akan menjadi norma yang berakhir pada karakter bangsa.

Pada tataran global thughyan juga terjadi hampir dalam segala skala kehidupan. Secara ekonomi, dunia kapitalis menghalalkan segala cara dengan ragam manipulasi alam demi memenuhi kerakusan hawa nafsunya. Selain semakin memperbesar “jurang pemisah” antara yang kaya dan miskin, antara dunia maju (norther nations) dan dunia ketiga (southern nations), juga semakin memperparah kerusakan lingkungan yang semakin mengkhawatirkan.

Di sinilah Islam dan puasa Ramadan harus menjadi momen untuk melakukan perenungan dan transformasi. Semua bermula dari penataan hati dan jiwa yang berdampak positif pada perilaku dan karakter manusia. Dengan menata hati dan memperkuat spiritualitas melalui puasa Ramadan, hawa nafsu akan secara efektif terkendalikan untuk diarahkan kepada nilai dan orientasi positif konstruktif.

Ini pula salah satu makna dari firman Allah: “dan barang siapa yang takut akan maqaam (kebesaran) Tuhannya dan menahan diri dari dorongan hawa nafsunya maka sesungguhnya Jannah yang menjadi tujuan akhirnya” (an-Nazi’at). Jannah yang dimaksud di sini selain Surga di akhirat kelak, juga kedamaian dan kebahagiaan di dunia yang sementara ini. Semoga!


Berita Lainnya

Adab Vs Ilmu
Adab Vs Ilmu
Islam dan Hak Asasi Manusia
Islam dan Hak Asasi Manusia